Identifikasi Layar On Off
IDENTIFIKASI
LAYAR ON OF
Di susun oleh :
Charles Tantoso 06144031
Lorensius Ndare 06144049
Alamsyah Amin 06144079
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA
DAN KOMPUTER STMIK PROFESIONAL MAKASSAR
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih
lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya,
yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga
kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk
masyarakat.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini.Untuk itu kami menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalahini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat mau puntata bahasanya.Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini.Untuk itu kami menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalahini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat mau puntata bahasanya.Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Makassar, Oktober 2017
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan
kemajuan yang luar biasa.Banyak hal dari sector kehidupan yang telah
menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah
memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam
berbagaia spek dan dimensi. Demikian halnya dengan teknologi komunikasi yang
merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang
mengandungnilaisosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses
dan saling tukar informasi (menurut Rogers,1986). Keadaan yang demikian, dimana
sebuah teknologi mampu merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi
sebuah kenyataan. Misalnya, kalau dahulu orang tidak dapat berbicara dengan
orang lain yang berada di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya
telepon orang dapat berbicara tanpa batas dan jarak waktu.
1.2 Rumusan Masalah
Permasalahan
utama yang di angkat dalam makalah ini adalah:
a. Apa
pengertiani dentifikasi ?
b. Apa
dampak positif dan negative saat layar on ?
c. Apa
dampak positif dan negative saat layar off ?
d. Apa
solusi mengatasi dampak negative layar on dan off ?
1.3 Tujuan
Tujuan
utama yang diangkat dalam makalah ini adalah:
a. Untuk
mengetahui pengertian identifikasi
b. Untuk
mengetahui dampak positif dan negative saat layar on
c. Untuk
mengetahui dampak positif dan negative saat layar off
d. Untuk
menemukan solusi mengatasi dampak negative layar on dan off
Pembahasan
1.2.Identifikasi
Identifikasi berasal dari kata Identify
yang artinya meneliti, menelaah. Identifikasi adalah kegiatan yang mencari,
menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data daninformasidari
“kebutuhan” lapangan.Secara intensitas kebutuhan dapat dikategorikan (dua)
macam yakni kebutuhan terasa yang sifatnya mendesak dan kebutuhan terduga yang
sifatnya tidak mendesak.
Fungsi dan
tujuan identifikasi kebutuhan program untuk mengetahui berbagai masalah atau
kebutuhan program yang diinginkan masyarakat.Untuk mengetahui berbagai sumber
yang dapat dimanfaatkan untuk pendukung pelaksanaan program dan mempermudah
dalam menyusun rencana program yang akan dilaksanakan.
Fungsi agar
program yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Data yang
dikumpulkan dapat digunakan sebagai dasar penyusunan rencana program yang dapat
di pengaruhi pengelola program. Sebagai bahan informasi bagi pihak lain yang
membutuhkan
2.2 layar on
Menurut kami layar on adalah proses
kegiataan yang dilakukan pada saat perangkat mobile ataupun sejenisnya sedang
berjalan (ON) .
2.2.1 dampak positif layar on
2.2.1.1 Mengurangi tingkat sters
Beberapa
anak mengaku bahwa sekolah adalah hal yang menegangkan karena diperlukan
konsentrasi tinggi dan keseriusan. Namun dengan memainkan game pada gadget,
chatting dengan teman di media sosial, atau mengunduh lagu kesukaan
teman dapat mengurangi ketegangan syaraf. Pendapat ini sesuai dengan para
peneliti di Universitas Indiana Amerika Serikat yang
mengaatakan bahwa penggunaan gadget dapat mengurangi ketegangan. Tetapi
akan menjadi masalah jika anak terlalu sering menggunakan gadget
bahkan saat kondisiemosi yang stabilsekali pun. Karena hal itu
adalah indikasi dari kecanduan gadget.
2.2.1.2 dapat mempermudah pekerjaan
Layar on pada computer dapat meringankan beban pekerjaan
manusia dengan berbagai fungsi kerja dari computer tersebut, dan berbagai
dampak lainnya. selainitu, kecermatan dan ketepatannya tidak sudah tidak
diragukan lagi. Pada zaman sekarang, computer bisa disebut dengan keperluan
pokok karena bisa dipakai dalam berbagai keperluan. Bisa kita lihat dalam
setiap tugas yang di dapat siswa rata-rata menggunakan komputer. Jangankan kita
anak SMA, anak SMP pun sekarang sudah menggunakan komputer. Malahan anak SD pun
ada yang sudah bisa dalam menggunakan komputer.
computer juga dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan kita dengan waktu yang relative singkat, lebih efektif, dan dapat juga digunakan sebagai media hiburan
computer juga dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan kita dengan waktu yang relative singkat, lebih efektif, dan dapat juga digunakan sebagai media hiburan
2.2.1.3
Mendukung aspek akademis
Denganadanyateknologi
gadget sebenarnya dapat mendukung akademis anak .Seorang
anak dapat melakukan browsing dengan gadget akan mudah
untuk mencari informasi perihal pengetahuan yang ia dapat di
sekolah. Jadi ia tidak perlu bersusah payah
mencari kata log buku di perpustakaan
untuk mencari informasi yang berkaitan dengan
pengetahuan. Beberapa tenaga pendidik menyadari adanya
kemajuan teknologi ini mendukung pendidikan anak, dengan membuat membuat program sederhana atau
perangkat lunak yang digunakan sebagai media pembelajaran.
2.2.2 dampak negatif layar on
2.2.2.1
kelainan postur tubuh
Melihat layar smartphone terlau lama dengan
posisi badan tidak benar ternyata dapat mengakibatkan kelainan pada postur
tubuhmu, Misalnya saat memainkan smartphone sedang duduk, dan
tanpa disadari dengan posisi tulang belakang yang terlalu membungkuk kedepan.
Ternyata, hal itu dapat menyebabkan penyakit degeneratif yang akan dirasakan
saat berumur 40 hinggan 50 tahun.
2.2.2.2 Menimbulkan kecanduan
Kemampuannya
untuk terus terhubung selama 24 jam nonstop selama 7 hari membuat pengguna
smartphone selalu update dengan beritaapa pun, termasuk untuk ngobrol dengan
teman.kesenangan yang timbul ketika menerima e-mail, SMS, atau pesan ditengarai
akan menimbulkan kesenangan tersendiri. Lambat launhalini akan menimbulkan
kecanduan.
2.2.2.3 Sulit tidur
Komputer, laptop, tablet, dan ponsel cenderung
mengeluarkan cahaya biru yang diduga mengganggu hormone alami manusia untuk
tidur.Maka, sebaiknya redupkan kecerahan layar ponsel Anda untuk mengurangi
resiko sulit tidur.
2.3 layar off
Menurut kami
layar off adalah proses kegiataan yang
dilakukan pada saat perangkat mobile ataupun sejenisnya sedang tidak
berjalan (Off) .
2.3.1 dampak positif layar off
2.3.1.1
meningkatkan solidaritas
Pada saat bermain diluar bersama
teman tanpa menghidupkan gadget akan mengakibatkan rasa solidaritas. hal ini
dikarenakan mereka tidak terfokus pada gadget mereka yang sedang off.
2.3.1.2 lebih
percaya diri
Bermain diluar bersama teman tentu saja tidak akan mengalami rasa malu.
Hal tersebut terjadi karena berkomunikasi bersama teman secara langsung
mengakibatkan timbulnya rasa percaya diri tanpa menggunakan gadget .
2.3.1.3 lebih
mudah tidur
Cahaya biru yang dikeluarkan oleh layar secara efektif memberitahu otak
untuk berhenti memproduksi hormon metalonin, sinyal kimiawi yang membuat tubuh
kita tahu kapan saatnya menutup mata secara natural .
2.3.2 dampak negatif layar off
2.3.2.1 sulit menemukan informasi
Tanpa adanya
gedget kita akan sulit menemukan informasi yang mungkin sangat kita butuhkan,
yang dapat membuat kita menjadi ketinggalan informasi.
2.3.2.2 sulit
melakukan komunikasi jarak jauh
Komunikasi
adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang menggunakan informasi
agar terhubung dengan orang lain, dan apabila dilakukan pada jarak jauh tanpa
gadget akan membuat kita kesulitan, karena harus mendatangi orang tersebut .
2.4 solusi
Untukmengatasiataupun paling
tidakmengurangidampaknegatifdarilayar on dan off adabeberapahal yang
dapatdilakukandiantaranyaadalah :
2.4.1 Tinggalkan smartphone sebelum tidur
Salah satu sebab mengapa manusia sulit
tidur adalah smartphone. Dengan adanya smartphone, manusia cenderung ingin
selalu mengecek apa yang ada di sana. Padahal, waktu sebelum tidur itu
seharusnya dimanfaatkan untuk membuat tubuh dan pikiran rileks, tanpa gangguan
apapun. Selain itu, agar kualitas tidur tetap terjaga, terapkan mode silent
pada smartphone-mu sebelum tidur sehingga tidak terganggu oleh suara notifikasi
dari smartphone tersebut
2.4.2 Gunakan untuk berbagi
Berbagi bisa sangat mudah ketika kamu
notice terhadap hal-hal kecil di sekitarmu. Ketika menemukan informasi menarik,
kamu bisa membagikannya dengan kawan-kawanmu melalui aplikasi media sosial di
smartphone-mu. Jadi, selain menjadi pengguna smartphone yang bijak, kamu juga
bisa menjadi pengguna media sosial yang bijak
2.4.3 Manfaatkan waktu senggang
Ketika menunggu kereta datang dan kamu
tidak membawa buku bacaan apa pun, kamu bisa memanfaatkan smartphone-mu untuk
browsing informasi-informasi menarik lewat aplikasi browser. Daripada hanya
untuk update sesuatu yang tidak penting di media sosial, lebih baik gunakan
smartphone-mu untuk update berita terbaru sehingga wawasanmu bertambah.
2.4.4 Batasi waktu penggunaan
Nah cara ini harus lakukan kepada anak
guna untuk membangun keseimbangan dan membatasi penggunaan segala perangkat
teknologi. Anda bisa melakukan cara ini melalui sebuah kesepakatan bersama
dalam keluarga anda, karena jika terlalu sering menggunakan gadget akan
membuat hubungan komunikasi didalam
keluarga akan renggang dan berkurang.
2.4.5 Tinggalkan smartphone anda di ruangan lain.
Untuk mengurangi kebiasaan sering
mengecek smartphone, sebaiknya tinggalkan smartphone anda di ruangan lain,
simpan di dalam tas, atau ubah ke nada getar, sehingga kamu akan terhindar dari
keinginan untuk mengeceknya dan tetap fokus mengerjakan hal yang ada didepanmu.
2.4.6 Jangan gunakan telepon saat sedang berbicara
dengan orang lain.
Jika bukan merupakan telepon yang
benar-benar penting sampai harus mengangkatnya, lebih baik jangan diangkat.
Saat sedang berbicara dengan orang lain dan ada pesan masuk, lalu anda melihat
smartphone atau kemudian mengetik pesan meski hanya sebentar, kondisi tersebut
dapat memberikan dampak negatif terhadap hubungan dengan lawan bicara.
Dampaknya juga dapat mempengaruhi produktivitas anda.
KESIMPULAN
Kemajuan teknologi informasi telah banyak membawa
dampak positif dan negatif dalam kehidupan kita, oleh sebab itu sangatlah
penting bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat dalam menyikapi kemajuan
teknologi informasi tersebut untuk menghindarkan pengaruh dari hal-hal yang
negatif yang turut dibawa oleh kemajuan teknologi informasi.
Sikap yang dapat kita ambil terhadap kemajuan
teknologi informasi yakni mengetahui dan menyesuaikan kebutuhan kita akan
informasi yang ingin kita dapatkan melalui teknologi informasi,dan menggunakan
teknologi sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan sihinggan mengganggu aktivitas
kita,dan menggunakan manfaat teknologi
informasi secara bijak. Dengan demikian dampak negatif dari kemajuan teknologi
informasi akan dapat ditekan secara maksimal.
DAFTAR
PUSTAKA
Identifikasi layar on dan off
tugaskampusrian.blogspot.co.id/2016/12/v-behaviorldefaultvmlo.html
Artikel perkembangan dan kemajuan teknologi https://karinaselanjutnya.wordpress.com/2015/07/01/artikel-perkembangan-dan-kemajuan-teknologi/
Identifikasi https://id.wikipedia.org/wiki/Identifikasi
Dampak negatif dan positif monitor komputer https://bahama6557.wordpress.com/2014/02/19/dampak-negatif-dan-positif-monitor-komputer/
Efek negatif terlalu lama menatap layar smartphone http://www.cosmogirl.co.id/artikel/read/9276/Efek-Negatif-Terlalu-Lama-Menatap-Layar-Smartphone
Komentar
Posting Komentar