Komunitas Virtual & Media Sosial
Tugas Komunitas Virtual dan Media Sosial
KOMUNITAS VIRTUAL
Disusun Oleh :
Adisti Pika Saputri (06144011)
Sakinah
(06144025)
Maisar (06144039)
SI-RM 74
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PROFESIONAL MAKASSAR
TAHUN AJARAN 2017/2018
A.
Definisi
Komunitas Virtual
Komunitas
atau Community adalah sekumpulan individu yang biasanya memiliki minat yang
sama. Sebuah komunitas biasanya terbentuk karena memiliki kebutuhan yang sama
pada sebuah minat tertentu. Sebuah komunitas atau club biasanya diawali dengan
berkumpul bersama. Awalnya dengan beberapa orang (minimal 2 orang) yang saling
kenal, memiliki minat yang sama dan kemudian berkembang dan anggotanya pun
bertambah.
Secara
umum arti virtual adalah “yang tidak nyata atau maya”. Komunitas virtual adalah
suatu bentuk proses komunikasi yang menggunakan teknologi sebagai
sarana berkomunikasi antara satu pihak kepada pihak lain dan biasanya feedback
dapat langsung diterima dengan proses penyampaian pesan melalui ruang maya
(cyberspace) yang bersifat interaktif..
Didalam Komunitas virtual tentunya ada komunikasi
virtual, yang mana itu merupakan komunikasi (proses penyampaian dan penerimaan
pesan) menggunakan (melalui) cyberspace / ruang maya yang bersifat
interaktif. Melakukan komunikasi menggunakan internet, dapat dibedakan menjadi
tiga jenis komunikasi yaitu :
1. Asynchronous
communication (komunikasi melalui media internet dengan pengirim dan penyampai
pesan dalam berinteraksi tidak berada pada kedudukan tempat dan waktu yang
sama, namun pesan tetap sampai pada tujuan / sasaran (penerima))
2. Synchronous
communication (komunikasi melalui internet dengan interaksi yang bersamaan
waktunya).
3. On Line Broadcast communication
On Line Broadcast communication adalah istilah komunikasi yang dilakukan melalui fasilitas web.
On Line Broadcast communication adalah istilah komunikasi yang dilakukan melalui fasilitas web.
B.
Ciri-Ciri
Komunitas Virtual
Adapun ciri-ciri komunitas virtual
menurut Reingold sama halnya seperti komunitas di dunia nyata, virtual
community adalah sebuah komunitas yang terbentuk atas dasar adanya :
1) Kesamaan hobi atau interest.
Orang atau sekelompok orang
membentuk sebuah komunitas diperlukan adanya kesamaan hobi/interest. Begitupun
dalam Virtual Community. Kesamaan menjadi penting untuk membentuk sebuah
komunitas yang solid.
2) Adanya
interaksi yang teratur.
Interaksi yang teratur menjadi
penting untuk menjaga kontak dan kekompakan antar anggota komunitas.
3) Adanya
identifikasi atau identitas.
Identitas, sebagai pengenal
masing-masing anggota komunitas, mutlak harus terpenuhi. Dimana setiap orang
memiliki identitas yang unik. Identitas bisa berupa nick name (dalam IRC), atau
pun alamat email (dalam milis).
4) Fokus yang
khusus terhadap satu hal.
Dalam setiap komunitas, harus ada
hal yang khusus terhadap satu hal. hal tersebut biasanya berupa topik, kesamaan
hobi/interest.
5) Integrasi
atau kesamaan antara isi diskusi dengan komunikasi yang berlangsung.
6) Isi diskusi
harus sama dengan topik dalam komunitas tersebut.
Hal ini penting untuk menjaga
supaya diskusi tetap berada pada jalurnya (sesuai topik dalam komunitas).
7) Keterbukaan suatu akses untuk informasi.
Dalam virtual community, harus ada
keterbukaan akses untuk informasi dan orientasi komersial. Karena tiap anggota
komunitas memiliki hak yang sama dalam mendapatkan informasi. Sehingga setiap
informasi yang dipunyai di-share kepada seluruh anggota komunitas.
C.
Kelebihan
dan Kekurangan Komunitas Virtual
Komunitas virtual mempunyai
kelebihan atau keuntungan yang diperoleh sebagai berikut:
1) Sebagian
besar anggota sebuah komunitas nyata memanfaatkan komunitas virtual sebagai
media berbagi yang nyaman dan leluasa
2) Tidak semua komunitas nyata mempunyai komunitas virtual,
tetapi akan lebih baik jika keduanya saling melengkapi dan dimanfaatkan
3) Dengan
adanya sebuah komunitas virtual, maka anggotanya akan memperoleh manfaat yang
lebih besar jika dibanding suatu komunitas nyata tanpa komunitas online
4) Keunggulan dengan adanya keberadaan komunitas virtual
melahirkan cara komunikasi yang tidak terikat oleh jarak dan waktu,
sehinggadimungkinkan untuk mempererat solidaritas antar anggota (karena sering
berkomunikasi)
5) Masalah yang sering dihadapi dalam pemanfaatan
komunikasi online justru bukan karena kurangnya interaksi tatap muka antar
anggota, tetapi lebih kepada cara penggunaan dan kebiasaan dalam memanfaatkan komunitas
virtual.
Komunitas virtual mempunyai kelemahan
atau kekurangan yaitu sebagai berikut:
1)
Pengguna internet yang terlalu berlebihan akan menjadi over dan
kemungkinan menjadikan dunia maya menjadi suatu penyalur hasrat dan aka menjadi
hyper.
2)
Cyberspace menjadi penyalur hasrat seks, kejahatan, sadisme,
kedangkalan.
3)
Cyberporn, menjadi persoalan masa depan karena cyberspace yang tanpa
identitas.
4) cybespace menjadi ajang kebrutalan semiotic.
Model Komunikasi Klasik Model komunikasi klasik adalah model komunikasi yang
menggunakan seperti media massa seperti koran, televisi, radio, ataupun film.
Model komunikasi klasik biasanya terjadi dua arah.
D.
Karakteristik
Komunitas Virtual
Komunitas
virtual dapat dikategorikan menjadi 4 kunci karakteristik, motif, kardinilitas, isi, dan otonomi.
1.
Berdasarkan motifnya, komunitas virtual dapat dibagi menjadi tiga,
yang pertama adalah motif untuk menjalin hubungan antar manusia, yang kedua
adalah motif untuk mendapatkan informasi, dan yang ketiga adalah motif untuk bertransaksi.
2.
Berdasarkan kardinilitasnya, komunitas virtual bisa bersifat interaksi
satu ke satu, satu ke banyak dan banyak ke banyak. Kardinilitas menggambarkan
siapa yang mengontrol proses pertukaran informasi. Contoh dari interaksi satu
ke satu yaitu pada private chat.
3.
Berdasarkan isinya, isi dari sebuah komunitas virtual dapat berasal
dari individu-individu yang berada didalamnya berupa diskusi-diskusi online dan
pembuatan halaman web (blog) dari individu individu itu, bisa juga berasal dari
penyedia layanan komunitas dan bersifat tradisional, dalam kasus ini adalah
pemerintah yang memberikan pengumuman namun pengumuman itu harus bersifat
konsisten dan terkontrol dengan ketat.
4.
Berdasarkan otonomi yang dimiliki dari sebuah komunitas virtual memiliki
arti apakah komunitas virtual itu berdiri sendiri atau dimiliki bersama oleh
anggota komunitas dan memiliki aturan yang telah disepakati bersama antar
anggota komunitas itu. Kombinasi yang sesuai dari karakteristik di atas akan
menciptakan KM yang efektif berdasarkan komunits virtual, secara spesifik
kombinasi yang cocok untuk KM di bidang e-government adalah komunitas dengan
motif saling menukar informasi, memiliki infrastruktur satu ke banyak dan
sumber isi dari berbagai sumber, dan memiliki otonomi tingkat tinggi.
E.
Manfaat Komunitas Virtual
1.
Bermain musik di dunia virtual secara sederhana dapat dengan mudah
dipelajari.Dengan membunyikan tuts-tuts nada dan menghapal nya,atau kita dapat
memainkan lagu sesuai dengan irama sebagai mana aslinya di dunia nyata
2.
Komunikasi bisa terjalin dengan baik
Karena kesibukan masing-masing
maka komunitas virtual bisa berkomunikasi dengan lancar melewati internet.
3.
Dengan ditemukannya berbagai teknologi oleh para penciptanya, maka
kehidupan manusia saat ini sudah banyak dimudahkan.
4.
Sharing pengetahuan, pengalaman, dll.
5.
Dari pertemuan dalam dunia maya, banyak pengetahuan yang
diperoleh.
6.
Pebisnis dapat mengiklankan produknya dan bahkan melakukan
transaksi melalui komunitas ini
7.
Komunikasi yang terjadi, tidak menggunakan biaya yang mahal, untuk
mendapatkan informasi yang banyak
8.
Menemukan teman/relasi baru, bahkan sebagai biro jodoh.
F.
Fitur
Komunitas Virtual
ü Content : artikel khusus mengenai
suatu topik yang menarik.
ü E-mail :
alamat e-mail dan komunikasi surat menyurat ditujukan langsung ke orang yang
berhubungan langsung dengan topik yang diminati.
ü Instant
messaging : kontak langsung secara
pribadi (satu orang dengan satu orang) kepada teman melalui fasilitas
komunitas.
ü Message
boards : kegiatan dan aktifitas
mengirimkan pesan kepada seluruh anggota komunitas dan expert online
(administrator).
ü Expert
online : administrator yang ditunjuk
untuk menindak lanjuti adanya suatu pertanyaan, kritik, maupun saran.
ü Web
page creation : web yang sifatnya
personal maupun kelompok.
G.
Komunitas
Virtual Dengan Anggota Terbanyak
1. Skype (663 juta pengguna
per
Maret 2010)
Skype merupakan layanan yang membuat pengguna bisa melakukan
panggilan suara dan video serta ngobrol melalui internet. Hebatnya layanan yang
disediakan oleh skype adalah gratis. Skype sendiri didirikan pada 2003 oleh
Niklas Zennstrom dari swedia dan Janus Friis dari Denmark.
2. Tencent QQ (636 juta
pengguna per
Nopember 2010)
Dikenal dengan QQ, tencent QQ merupakan layanan instant meseenging
terpopuler di China. Tencent QQ didrikan oleh Ma Huateng pada 11 november 1998
di Shenzhen China. Ma Huateng sendiri merupakan seorang pengusaha China yang
mendirikan perusahaan internet ternama di China bernama Tencent Inc. QQ sendiri
secara resmi baru diluncurkan pada februari 1999.
3. Facebook (600 juta
pengguna per Januari 2011)
Situs jejaring social ini diluncurkan pada februari 2004 di bawah
naungan Facebook Inc. social media yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini
berhasil meraup lebih 600 juta pengguna altif pada januari 2011. Facebook sendiri
memungkinkan penggunanya untuk membuat profil pribadi, memasukkan pengguna
lainnya sebagai teman, dan bertukar pesan, catatan, foto dan video.
4. Qzone (480 juta pengguna
per Maret 2011)
Satu lagi dari Negara tirai bamboo, Qzone. Merupakan situs jejaring
social yang dibuat pada 2005 oleh Tencent, sebuah perusahaan internet ternama
di China. Layanan ini memperbolehkan pengunjung utuk menulis blog, menyimpan
catatan harian, mengirim foto, dan mendengarkan music. Uniknya, kebanyakan
layanan ini tidak tersedia gratis. Penggguna baru bisa mempergunakan layanan
tambahan tanpa membayar lagi setelah membeli Canary Diamond. Versi mobile pun
tersedia, tetapi juga dengan biaya ekstra.
5. Windows Live Messenger
(330 juta pengguna per Juni 2009)
Awalnya bernama MSN Messenger dan merupakan layanan instant
messanging yang dibuat oleh Microsoft. Saat ini layanan ini dirancang bekerja
di windows XP, windows vista, windows 7, windows mobile, windows CE, Xbox 360,
Blackberry OS, iOS, Java ME, S60 on Symbian OS dan Zune HD
Komentar
Posting Komentar