Komunitas Dan Teknologi Komunikasi



KOMUNITAS VIRTUAL DAN SOSIAL MEDIA

Komunitas dan Teknologi Komunikasi




Disusun Oleh:
ANDREW WAHYUDI YUWONO 06144009
WEMPI RENDEN                            06144034
WILLY NESRIEL LIANDAR           06144171

SIRM 74
STMIK PROFESIONAL MAKASSAR
MAKASSAR
2017

Komunitas dan Teknologi Komunikasi
A.     Komunitas
Komunitas (community) berasal dari bahasa Latin (communire) atau communia yang berarti memperkuat. Dari kata ini, dibentuk istilah komunitas yang artinya persatuan, per saudaraan, kumpulan, masyarakat. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”.
Menurut Crow dan Allan, Komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen:
1.      Berdasarkan lokasi/tempat, Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat di mana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis. Dan saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi dan memberikan kontribusi bagi lingkungannya.
2.      Berdasarkan minat, sekelompok orang yang mendirikan suatu komunitas karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama, misalnya agama, pekerjaan, suku, ras, hobi maupun berdasarkan kelainan seksual. Komunitas berdasarkan minat memiliki jumlah terbesar karena melingkupi berbagai aspek, contohnya: komunitas pecinta animasi dapat berpartisipasi di berbagai kegiatan yang berkaitan dengan animasi, seperti menggambar, mengoleksi action figure maupun film.
3.      Berdasarkan komuni, komunitas ini adalah komunitas yang terbentuk berdasarkan ide-ide tertentu yang menjadi landasan dari komunitas itu sendiri, contohnya: sebuah perguruan silat, sebuah partai politik, dan sebagainya.
Ada banyak hal yang menjadi tujuan berdirinya/terciptanya sebuah komunitas, di antaranya adalah:
1.      Sebagai tempat untuk menyalurkan bakat dan kemampuan seseorang dalam bidang tertentu, contohnya: komunitas teater, komunitas seni, komunitas musik, dan lain-lain.
2.      Menjadi tempat belajar dan mempelajari hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, contohnya: dengan mengikuti komunitas fotografi tentu saja secara otomatis yang bersangkutan akan mempelajari ilmu tentang fotografi di sana.
3.      Membuka diri terhadap perkembangan teknologi dan hal-hal baru, contohnya: masuk ke dalam komunitas diskusi online yang bertemakan gadget.

B.      Teknologi Komunikasi
1.      Pengertian Teknologi Komunikasi
Teknologi adalah pengembangan alat dan aplikasi yang meliputi mesin dan material  yang dapat memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan, informasi atau pertukaran makna  antara satu orang kepada orang lain, sekelompok orang atau lingkungan sekitarnya. Komunikasi dibagi menjadi dua yaitu verbal dan non verbal untuk memudahkan seseorang untuk mengerti makna atau pesan yang disampaikan.
Jadi teknologi komunikasi adalah pengembangan alat atau aplikasi yang digunakan untuk memudahkan manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain, sekelompok orang atau lingkungan sekitarnya.

Perbedaan teknologi komunikasi dan teknologi informasi adalah teknologi komunikasi ditekankan pada sebagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan sedangkan teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh. Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada. Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.


2.      Dasar Teknologi Komunikasi
Ada beberapa hal yang mendasari sesuatu hal agar dapat digolongkan ke dalam teknologi komunikasi, yakni:
1.      Teknologi komunikasi dapat diimplementasikan dalam suatu alat.
2.      Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial, ekonomi dan politik.
3.      Teknologi komunikasi membawa nilai yang berasal dari struktur ekonomi, sosial dan politik.
4.      Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat.

3.      Bentuk Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi memiliki beberapa bentuk, yaitu:
1.      Komunikasi Suara
Merupakan bentuk komunikasi mempergunakan suara dan indera pendengaran dari tempat yang terpisah dengan jarak tertentu.
2.      Komunikasi Tulisan dan Gambar
Merupakan komunikasi yang mengirimkan informasi berbentuk tulisan dan gambar. Gambar yang dikirim dapat berupa gambar hidup (video) atau gambar diam, misalnya gambar teknik atau gambar grafik.
3.      Komunikasi Data
Informasi berupa data dan berita yang dikirimkan dengan menggunakan komputer sebagai media pengirim dan media penerima informasi, serta dengan menggunakan jaringan telepon (Public Switched Telephone Network) atau menggunakan jaringan telepon khusus (leased line atau private line).


4.      Unsur-Unsur Teknologi Komunikasi
Unsur-unsur teknologi komunikasi adalah:
a.      Informasi, dapat berupa tulisan, suara, musik, gambar,dan data yang memiliki spektrum frekuensi dan bentuk-bentuk yang berbeda.
b.      Alat yang dipergunakan untuk meneruskan informasi, dengan media transmisi dan sistem modulasi
c.       Dengan cara yang sesuai,bentuk akhir (informasi yang diterima) harus se-mirip mungkin dengan bentuk awal (informasi yang dikirimkan) dan dalam batas-batas distorsi yang dapat ditolerir.
d.      Dalam jumlah maupun kecepatan yang semakin meningkat melalui jarak yang semakin jauh dengan biaya yang se-ekonomis mungkin.

5.      Teknologi Komunikasi Dalam Masyarakat
Teknologi komunikasi telah berkembang sehingga tidak ada masyarakat modern yang mampu bertahan tanpa komunikasi. Konsep ini yang mendasari bahwa manusia memiliki kebutuhan berinteraksi sosial. Komunikasi yang bersinggungan dengan kehidupan berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya (termasuk lintas budaya) terjadi dalam beragam wujud dan bentuk. Perkembangan teknologi turut memberikan arti yang sangat penting dalam bidang komunikasi dan interaksi sosial dapat berlangsung dan tercipta tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Peran komunikasi sebagai penggerak interaksi sosial dalam masyarakat dapat terus berkembang dalam setiap aspek kehidupan masyarakat yang bertujuan untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan individu maupun kelompok.
Perkembangan teknologi komunikasi tidak dapat dilepaskan dari suatu konteks perubahan masyarakat dalam arti luas. Perluasan teknologi komunikasi memiliki posisi disetiap ilmu inter-disiplin dan saling berkaitan dalam hal perkembangan ilmu-ilmu khususnya sebagai sarana pemahaman dan penyebaran ilmu agar dapat dipahami masyarakat secara rinci dan jelas. Teknologi komunikasi dilihat sebagai keberadaannya yang unik dan objektif mengalami perkembangan demi kebutuhan manusia dari segi pemanfaatan teknologi komunikasi itu sendiri.

6.      Teknologi Komunikasi dan Media Baru
Teknologi komunikasi memberikan dampak kuat bagi perkembangan media. Kegiatan manusia tak lepas dari produk teknologi komunikasi dan media akibat pengaruh dari perkembangan teknologi. Manusia semakin membutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan perangkat teknologi media baru. Media tidak hanya dalam bentuk media massa dan media elektronik. Namun media baru yang semakin berkembang dan populer adalah media jejaring sosial online di dunia maya. Media baru digunakan masyarakat untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan segala pandangan terhadap sesuatu hal.

Komentar